Rabu, 28 Januari 2015

Biografi Simbah KH. Ahmad Djablawi


KH. Ahmad Djablawi  dilahirkan  di Kroya Cilacap. Setelah tamat SR di Kabupaten Cilacap beliau hijrah ke Pondok Krapyak. Di pondok itulah KH. Ahmad Djablawi menimba ilmu dari Kyai yang alim dan Hamalatul Quran. Pada saat mondok di Krapyak waktu itu pada masih era penjajahan ketika ngaji beliau baru dapat 7 juz era penjajahan jepang beliau kehilangan komunikasi dengan orang tua. Beliau mondok dengan mandiri beberapa tahun tanpa saku dari orang tua. Kisah pertemuan beliau ke Keluarga Popongan adalah beliau sahabat dari Putra dari KH. Muhammad Mansur yaitu K. Muqorobin dan Kyai Muhibbin. Walhasil ketika beliau sowan Mbah Manshur beliau dijodohkan dengan cucunya yaitu Hj Sumairiyah yang juga kakak kandung dari KH. M. Salman Dahlawi. Beliau Hafidz Alquran. Ketika masih muda beliau sering disuruh KH. Muhammad Manshur untuk menjadi  Imam Sholat. Terutama pada saat Sholat Tarawih di Bulan Romadhan. Sepeninggalan KH. Muhammad Manshur beliau dapat wasiat untuk meneruskan estafet pengajaran di Bidang al Qur’an. Kalau KH. M. Salman Dahlawi bidang Thoriqohnya beliau kebagian pengajaran Al Qur’annya. 


Kegiatan Beliau sehari-hari hanya mengajar Alqur’an dan tadarus sendiri. Hari-harinya dilalui dengan Al Qur’an meskipun sakit beliau sempatkan untuk selalu baca Al Qur’an. Motto beliau adalah apa yang telah dipesankan kepadanya dari Mbah Manshur yaitu dengan dasar Hadist Qudsi yang terpampang di Pintu Dhalem KH. Muhammad Manshur yang berbunyi:



يقول الله تعال : من شغله القران وذكرى عن مسئلتى اعطيته افضل مااعطى السائلين . حسن اى يقراه بتخشع و تر فيق و بكاء فتخشع القلب فتزل الرحمة



“Barang siapa yang disibukkan oleh membaca alqurdan berdzikir kepadaku (Allah) sehingga tidak sempat berdo’a (meminta sesuatu) kepada Ku maka akan Aku beri ia sesuatu yang lebih mulia daripada yang Aku berikan kepada mereka yang berdo’a (meminta)”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar